Mengenal Changeover Switch Manual & Changeover Switch Motorized

Changeover Switch

Apa itu Changeover Switch?

Changeover Switch atau yang sering disebut COS atau Ohm Saklar adalah alat listrik yang digunakan untuk memindahkan daya listrik dari sumber listrik utama (PLN) dengan sumber listrik cadangan (Genset) dan sebaliknya. Changeover Switch ini merupakan alat listrik yang penting untuk pemasangan instalasi dengan genset. Changeover switch, dapat dibadi menjadi 2 jenis, yaitu changeover switch manual dan changeover switch motorized.

Change Over Switch Manual

Change over switch manual akan berfungsi memindahkan daya listrik dengan dioperasikan secara manual, yaitu memutar handle ohm saklar ke arah PLN atau Genset. Changeover Switch Manual memiliki pilihan ampere yang lengkap, mulai dari 16 Ampere hingga 1250 Ampere, yang dapat disesuaikan dengan daya listrik PLN dan daya genset yang digunakan. Untuk pemasangan saklar genset di rumah, dapat menggunakan Wisenheimer change over switch tipe GZ yang sudah dilengkapi dengan box, untuk mempermudah instalasi listriknya. Changeover Switch dengan box, tersedia pilihan 16 Ampere, 25 Ampere, 32 Ampere, 40 Ampere, 63 Ampere dan 100 Ampere. Changeover switch manual tanpa box, pada umumnya digunakan untuk dirakit pada Panel Change Over Switch dan memiliki pilihan ampere yang lebih besar. Tersedia pilihan lengkap mulai dari 160 Ampere hingga 1250 Ampere dari merek Socomec dan Wisenheimer.

Change Over Switch Motorized

Apabila menginginkan pemindahan daya listrik secara otomatis antara PLN dan Genset, dapat menggunakan Change Over Switch Motorized. Changeover Switch ini dilengkapi dengan motor yang dapat memindahkan daya secara otomatis tanpa perlu memutar handel ohm saklar tersebut. Changeover Switch Motorized pada umumnya dirakit pada panel ATS-AMF (Automatic Transfer Switch - Automatic Mains Failure). Dengan changeover switch motorized dan panel ATS-AMF, apabila listrik PLN padam, maka panel akan menyalakan genset dan memindahkan change over switch ke genset secara otomatis, dan sebaliknya, setelah listrik PLN menyala kembali, maka panel akan mematikan genset dan mengembalikan posisi COS ke PLN secara otomatis. Change Over Switch Motorized pada panel ATS-AMF cocok digunakan di rumah sakit, data center, kantor kepolisian, pemadam kebakaran dan tempat lain yang memerlukan supply daya listrik terus menerus dimana pemadaman listrik yang lama dapat menyebabkan kerugian yang signifikan. Tersedia Pilihan merek Wisenheimer dan Socomec, dengan pilihan dari 100 Ampere hingga 3200 Ampere.

Pilih Changeover Switch yang sesuai untuk hasil operasinal yang optimal. Untuk informasi lengkap changeover switch, ukuran dan spesifikasi produk, dapat dilihat di https://www.indolistrik.com/lbs-dan-cos/change-over

Bagikan:

Copyright © 2020 PT. Bannister Corporindo. All rights reserved.