Cara Memilih NT Fuse atau NH Fuse yang Sesuai

Cara Memilih NT Fuse atau NH Fuse yang Sesuai

Support Indolistrik |

Apa itu NH Fuse atau NT Fuse?

NT Fuse atau NH Fuse adalah alat listrik yang digunakan sebagai pengaman pada rangkaian listrik. NT Fuse/ NH Fuse berfungsi untuk memutuskan arus apabila dilewati arus berlebih, sehingga tidak merusak alat listrik atau mesin yang terpasang. NT Fuse / NH Fuse bekerja pada listrik tegangan rendah hingga 630 Volt. NH Fuse / NT Fuse merupakan fuse sakali pakai, dimana apabila sudah terputus, tidak bisa dipakai lagi dan perlu diganti dengan fuse baru yang memiliki karakteristik sama.

Cara Memilih NT Fuse / NH Fuse dan Holder Fuse.

NT Fuse / NH Fuse terdiri dari tabung keramik berbentuk kotak dengan batangan metal / blade terminal di kedua ujungnya. NT Fuse / NH Fuse memiliki beragam ukuran size dan rating ampere yang berbeda.

Berdasarkan dimensi fisiknya, NT Fuse / NH Fuse dibagi menjadi 6 size ukuran :

Ukuran Size

Estimasi Dimensi (PxLxT)

Size 00

80 x 28 x 57 mm

Size 0

125 x 37 x 56 mm

Size 1

129 x 46 x 62 mm

Size 2

151 x 56 x 70 mm

Size 3

147 x 65 x 85 mm

Size 4

204 x 82 x 108 mm

 

Pembagian NH Fuse / NT Fuse berdasarkan rating ampere:

Ukuran Size

Pilihan Rating Ampere

Size 00

16 Ampere s/d 160 Ampere

Size 0

35 Ampere s/d 160 Ampere

Size 1

50 Ampere s/d 250 Ampere

Size 2

250 Ampere s/d 400 Ampere

Size 3

425 Ampere s/d 630 Ampere

Size 4

800 Ampere s/d 1250 Ampere

 

Pada saat membeli NT fuse/NH Fuse, kita perlu menentukan ukuran size dan rating ampere yang diperlukan. Contoh: Apabila kita akan menggunakan NH Fuse / NT Fuse dengan rating 160 Ampere, maka kita dapat memilih size NH Fuse/NT Fuse size 00 - 160A, size 0 - 160A atau size 1 - 160A, sesuai dengan ruangan yang tersedia pada tempat pemasangannya.

Pilih NH Fuse yang terbuat dari material keramik yang baik dan blade terminal yang baik untuk pengamanan yang optimal. Material keramik yang baik (berwarna kecoklatan), memiliki daya tahan terhadap suhu panas yang lebih baik, sehingga lebih tahan lama. Demikian juga dengan blade terminal yang baik, akan membuat posisi dudukan lebih kuat dan aman pada saat pemasangan.

Holder fuse atau fuse base berfungsi sebagai kaki dudukan untuk NT Fuse / NH Fuse yang akan dipasang. Ukuran size NH Fuse / NT Fuse holder atau fuse base, ditentukan berdasarkan ukuran NT/NH Fuse yang digunakan. Contoh: Untuk memasang NT Fuse / NH Fuse size 00, perlu menggunakan fuse holder dudukan size 00 juga. Holder NT Fuse / NH Fuse juga dapat dipilih berdasarkan material fuse base holder tersebut. Pilihan Fuse base holder yang umum digunakan adalah fuse holder metal, fuse holder keramik atau dapat juga menggunakan fuse rail dan fuse rail disconnect.

Cara Memasang NT Fuse / NH Fuse.

Pada saat perakitan, blade terminal dipasang pada NH/NT fuse Holder. Untuk memasang dan melepas NT Fuse / NH Fuse dengan fuse base dudukannya, dapat menggunakan Fuse Puller. Fuse puller ini memiliki ukuran universal, yang dapat digunakan untuk NT Fuse/NH Fuse size 00 hingga size 4. NT Fuse / NH Fuse cocok untuk dipasang pada perakitan berbagai jenis panel listrik, PHB Trafo listrik, dan gardu listrik tiang.

Spesifikasi lengkap produk NT Fuse dan NH Fuse, dapat dilihat di https://www.indolistrik.com/listrik24kv-pln/fuse-listrik/nh-fuse